Sejarah Dan Asal Usul Kue Ulang Tahun

Sejarah dan Asal Usul Kue Ulang Tahun

Sejarah Kue Ulang Tahun
Asal Birthday Cakes berasal dari masa kuno tetapi kue itu sangat berbeda dari apa yang kita miliki saat ini. Kata ‘Cakes’ dikatakan telah diciptakan pada awal abad ke-13 dan dikatakan telah berasal dari kata ‘kaka’ bahasa Norse Lama.

Definisi Kue Ulang Tahun (Birthday Cake)
Dalam budaya Barat Birthday Cake didefinisikan sebagai pastry atau dessert yang disajikan kepada seseorang di hari ulang tahunnya. Kue ulang tahun biasanya dihiasi dengan nama seseorang dan membawa pesan selamat. Lilin sama dengan jumlah tahun seseorang telah hidup juga ditempatkan pada kue. Ada juga tradisi untuk meletakkan satu lilin ekstra untuk membawa keberuntungan. Kue ulang tahun biasanya spons dan rasa yang paling populer di kue adalah cokelat.

Sejarah Birthday Cake
Sejarah Birthday Cake dapat ditelusuri kembali ke Yunani kuno yang membuat kue atau roti madu berbentuk bulat atau bulan dan membawanya ke kuil Artemis-Dewi Bulan. Beberapa ahli, bagaimanapun, percaya bahwa tradisi kue ulang tahun dimulai di Jerman pada Abad Pertengahan. Adonan roti manis diberi bentuk bayi Yesus di kain lampin dan digunakan untuk memperingati hari ulang tahunnya. Kue ulang tahun khusus ini kemudian muncul kembali di Jerman sebagai Kinderfest atau perayaan ulang tahun seorang anak muda. Jerman juga membuat jenis lain khusus kue yang disebut Geburtstagorten seperti yang dipanggang berlapis-lapis. Ini adalah roti yang lebih manis dan kasar seperti kue yang biasanya dibuat pada waktu itu.

Mengapa Round Birthday Cake?
Pada jaman dulu, kue ulang tahun kebanyakan berbentuk bulat. Asosiasi sarjana keyakinan agama dan dorongan teknis untuk hal yang sama. Yunani menawarkan kue berbentuk bulat untuk Dewi Bulan – Artemis sebagaimana lambang bulan . Mereka bahkan menempatkan lilin pada kue untuk membuat kue seperti cahaya bulan.
Beberapa ahli berpendapat bahwa kue di dunia kuno memiliki hubungan dengan siklus tahunan. Babak bentuk kue ini lebih disukai sebagai mewakili sifat siklus kehidupan. Kebanyakan khusus, matahari dan bulan.
alasan teknis diberikan untuk bulatan kue adalah bahwa kue yang paling kita tahu lebih lanjut dari roti. Dalam roti zaman kuno dan kue dibuat dengan tangan. Biasanya berbentuk bola bulat dan dipanggang di hearthstones atau panci dangkal atau rendah. Oleh karena itu, ini secara alami santai menjadi bentuk bulat. Dengan kemajuan, loyang berbagai bentuk dikembangkan dan hari ini kita melihat kue dalam bentuk imajinatif dan ukuran.

Tradisi Peletakkan Lilin di Birthday Cake
Tradisi lilin pada kue ulang tahun dihubungkan dengan Yunani awal, yang menggunakan tempat lilin menyala pada kue untuk membuat mereka bersinar seperti bulan. Dahulu, Yunani membawa kue ke kuil Artemis-Dewi Bulan. Beberapa ahli mengatakan bahwa lilin yang ditempatkan pada kue karena orang percaya bahwa asap dari lilin yang membawa keinginan mereka serta doa kepada Dewa-dewa yang tinggal di langit. Yang lain percaya bahwa adat asli di Jerman di mana orang dulu menempatkan lilin besar di tengah kue untuk melambangkan ‘cahaya kehidupan’.

Pada zaman ini juga, orang menempatkan lilin pada kue ulang tahun dan berdo’a (silent wish) sebelum meniup lilin. Hal ini diyakini bahwa meniup semua lilin dalam satu nafas berarti do’a dan keinginan tersebut akan terwujud dan akan menikmati keberuntungan di tahun mendatang. Beberapa juga menuliskan nama sebelum mengiris kue untuk membawa keberuntungan.

Tradisi dan Kepercayaan Tahayul Terkait Birthday Cake
Dalam abad pertengahan orang Inggris dulu menempatkan benda simbolik seperti koin, cincin dan bidal dalam adonan kue. Ia percaya bahwa orang-orang yang menemukan koin di kue akan menjadi kaya sedangkan kesialan bagi yang menemukan bidal, tidak pernah akan menikah. Pernikahan itu ditandai bagi orang yang menemukan sepotong kue dengan cincin. Bahkan saat ini beberapa orang mengikuti tradisi dan menempatkan benda kecil, koin palsu dan permen kecil di dalam kue.

Jika kue jatuh saat pemanggangannya itu dianggap sebagai pertanda buruk dan nasib buruk ditandakan untuk orang di tahun mendatang.

Kemajuan Teknis Pembuatan Birthday Cake
Pada awalnya kue dulu serupa dengan roti. Mereka ditambahkan dengan madu dan ditambahkan dengan kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Menurut sejarawan makanan, Mesir kuno adalah yang pertama untuk menunjukkan bukti keterampilan pemanggangan yang maju. Pemanggang Eropa Abad Pertengahan dulu membuat kue buah dan kue jahe yang dapat bertahan selama berbulan-bulan. Sekitar pertengahan abad ke-17, Eropa telah membuat kemajuan yang cukup besar dalam seni membuat kue. Mereka mulai membuat apa yang dapat disebut pelopor untuk kue modern yang bulat dan telah icing. Hal ini terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi yang membuat oven handal tersedia, cetakan makanan dan gula halus. Pada waktu hoops kue – cetakan kayu kayu atau logam untuk membentuk kue diletakkan di panci datar untuk efek bentuk.

Icing Pertama yang digunakan dalam kue biasanya komposisi gula, putih telur dan flavor yang direbus. Kemudian icing digunakan untuk dituangkan pada kue dan kemudian kue itu dimasukkan kembali ke oven untuk sementara waktu. Ketika kue itu dibawa keluar, lapisan gula didinginkan dengan cepat untuk membentuk keras glossy es seperti menutupi. Mouled cakes and fancy ices mencapai puncaknya di zaman Victoria.

Dengan berjalannya waktu, seni pemanggangan kue terus maju dan tidak sampai pertengahan abad ke-19 bahwa kue kita ketahui hari ini dikembangkan. Rasa dan penampilan kue itu ditingkatkan dengan tepung putih ekstra-halus dan penggunaan baking powder, bukan ragi.

Sebagai seorang Mukmin sudah seharusnya meninggalkan tradisi ini.

[http://www.tokenz.com/history-of-birthday-cake.html]

About these ads

One comment on “Sejarah Dan Asal Usul Kue Ulang Tahun

  1. Ping-balik: Afwan Tidak Ada Selamat Ultah | alkaoetsar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s