Sebuah Sunnah Yang Hilang

Sunnah Yang Hilang

Banyak sekali sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang telah ditinggalkan dan tidak diamalkan. Di antara sunnahnya yang telah ditinggalkan oleh kebanyakan umatnya adalah mengikuti sunnahnya di saat mendaki dan di saat turun.

Apa yang harus kau baca tatkala kamu mendaki ketinggian atau menuruninya? Dan yang kami maksud dengan kata-kata “menaiki” adalah menaiki tempat yang tinggi, apapun bentuknya. Seperti tangga, gunung, mobil atau yang lain. Dan maksud kata-kata “menuruni” adalah menuruni tempat yang rendah.

Biasanya, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kalau mendaki suatu ketinggian, seperti bukit ataupun gunung, selalu membaca takbir, seraya berkata Allahu Akbar. Jika menuruninya, beliau bertasbih seraya mengucapkan Subhanallah. Diriwayatkan dari Jabir Radhiallahu ‘Anhu, dia berkata ; “Kami dulu kalau mendaki suatu ketinggian selalu mengucap Allahu Akbar. Jika menuruninya, kami mengucap Subhanallah (HR. Bukhari). Dan dari Umar Radhiallahu ‘Anhu diriwayatkan “apabila Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan tentaranya mendaki ketinggian, mereka bertakbir. Jika menuruninya, mereka bertasbih” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shahih).

Sebuah sunnah yang hilang. Bukankah begitu?  Maka sudah sewajarnya, jika kita harus menunaikannya, menyebarkannya dan menghidupkannya kembali.

Jika dirimu hendak mendaki ke tempat yang tinggi, walaupun naik mobil, maka sepantasnya engkau selalu berdzikir kepada Allah dan bertakbir dengan mengucapkan Allahu Akbar. Sementara, jika engkau hendak menuruni tangga masjid, misalnya, maka berdzikirlah kepada Allah dengan bertasbih kepadaNya seraya mengucapkan Subhanallah, atau Subhanallah wa bi hamdihi.

Dia berangan

Jika ku bisa hidup kembali

Kan ku baca Al-Quran, meski satu huruf

Ku raih pahala tambah timbangan

Jangan kau buang waktu, selagi masih di dunia

Temanmu telah tinggalkan dirimu

Di dalam kubur bermandikan kebajikan

Mengapa tidak kau amalkan sunnah Rasulmu

Sumber:Majalah Qiblati Edisi 04 Tahun I

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s