Gambar Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah

Sifat Wudhu Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam

SIFAT WUDHU NABI Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
Secara syari’at wudhu ialah menggunakan air yang suci untuk mencuci anggota – anggota tertentu yang sudah diterangkan dan disyari’atkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan shalat maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata-kaki.” (Al-Maaidah:6).

Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak akan menerima shalat seseorang sebelum ia berwudhu. (HSR. Bukhari di Fathul Baari, I/206; Muslim, no.255 dan imam lainnya).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga mengatakan bahwa wudhu merupakan kunci diterimanya shalat. (HSR. Abu Dawud, no. 60).

Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘Anhu berkata: “Barangsiapa berwudhu seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan perjalanannya menuju masjid dan shalatnya sebagai tambahan pahala baginya” (HSR. Muslim, I/142, lihat Syarah Muslim, III/13).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Barangsiapa menyempurnakan wudhu-nya, kemudian ia pergi mengerjakan shalat wajib bersama orang-orang dengan berjama’ah atau di masjid (berjama’ah), niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya” (HSR. Muslim, I//44, lihat Mukhtashar Shahih Muslim, no. 132).

Maka wajiblah bagi segenap kaum muslimin untuk mencontoh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dalam segala hal, lebih-lebih dalam berwudhu.

Berikut adalah gambar tata cara wudhu sesuai dengan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Semoga bermanfaat… ^_^

Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan klik Gambar di atas atau klik Download File .

Sumber Ebook : Maktabah Ummu Salma al Atsariyah

Wudhu Sesuai Sunnah 1

Wudhu Sesuai Sunnah 1

Wudhu Sesuai Sunnah 2

Wudhu Sesuai Sunnah 2

Wudhu Sesuai Sunnah 3

Wudhu Sesuai Sunnah 3

Wudhu Sesuai Sunnah 4

Wudhu Sesuai Sunnah 4

Wudhu Sesuai Sunnah 5

Wudhu Sesuai Sunnah 5

Wudhu Sesuai Sunnah 6

Wudhu Sesuai Sunnah 6

Wudhu Sesuai Sunnah 7

Wudhu Sesuai Sunnah 7

Wudhu Sesuai Sunnah 8

Wudhu Sesuai Sunnah 8

About these ads

23 comments on “Gambar Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah

  1. bkanx niat wudhu tu ketika membasoh wajah, disni kok diktakan cr melkukan wudhu niat, bc basmala,mencuci ke2 tlapak tangngan, tolong penjelasanx?

    • Jika seorang muslim hendak berwudhu maka pertama yang harus ia lakukan adalah BERNIAT DI DALAM HATI lalu membaca Basmallah yaitu “BISMILLAH” berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam:

      “Tidak sempurna wudhu seseorang yang tidak membaca basmallah.” [HR. Ahmad dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Irwaul Ghalil 81]

      Namun jika dia terlupa, wudhunya sah dan ia tidak perlu mengulangnya. Wallahu ‘Alam

      Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan download e-book Sifat Wudhu Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pada link yang baru ana tambahkan di bawah penjelasan pada artikel di atas. Semoga bermanfaat !!!

  2. assalamu’alaikum
    ustad bolehkah berwudhu dengan berdoa sekaligus
    misal ketika membasuh tangan/telinga/kaki ana berdoa “Ya Allah ampunilah dosa dari tangan/telinga/kaki ana”
    bolehkah semacam itu ustadz
    jazakalloh khoiron katsiro

    • wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
      afwan, ana bukan ustadz.
      Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan download e-book Sifat Wudhu Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pada link Download di atas.
      wa jazakallahu khairan katsiran

  3. Assalaamu’alaikum..
    Alhamdulillah, kajian demi kajian yg sangat berfaedah sekali dan mudah2an kita senantiasa menjaga wudhu kita. Izinkan saya utk berbagi mengenai wudhu..
    Secara bahasa wudhu berasal dari kata : wadha’ah, yang artinya indah, bagus, dan bersih. Secara istilah, wudhu dalam pengertian syariat adalah bersuci dengan menggunakan air pada anggota badan tertentu, dengan tata cara tertentu. (Mausu`ah Fiqhiyah Kuwaitiyah, 43:315)
    Seperti dlm hadits yg telah diuraikan diatas bahwa wudhu merupakan kunci daripada diterimanya sholat, dan selain itu kegiatan wudhu dilakukan dalam rangka membersihkan diri dari kotoran/najis agar diri kita suci (secara lahir) karena kita akan menghadap Allah Yang Maha Suci.
    Secara lahir kita membersihkan kotoran (wudhu) dgn menggunakan air atau jika tdk terdapat air bisa dilakukan dgn cara bertayamum. Namun pernahkah kita memikirkan bahwa bukan hanya secara lahir saja kita berwudhu, akan tetapi secara bathin kita sering lalai bahwa hal ini perlu pula kita bersihkan (wudhu secara bathin). Lalu yg manakah kotoran yg terdapat dlm bathin kita?
    Dalam Al-Qur’an QS 9:28 dijelaskan bahwa ….Sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis….
    Musyrik adalah orang yang melakukan perbuatan syirik (menyekutukan Allah) yg banyak sekali macamnya. Perbuatan ini ada dalam diri manusia. Lalu bagaimana kita membersihkannya? apakah cukup dgn beristighfar saja?
    Sebenarnya dari gerakan wudhu secara lahir tsb sudah digambarkan (menjadi simbol) bagaimana kitapun harus membersihkan diri secara bathin dari mulai telapak tangan hingga kaki. Mungkin jika sy uraikan disini, akan terlalu panjang sekali, dan utk itu mohon kiranya sy dpt berbagi kpd saudara2 ku utk mengunjungi di alamat : http://riungankajidiri.blogspot.com/2012/04/menguak-tabir-indahnya-berwudhu-1_21.html
    Demikian, lebih kurangnya mohon maaf. Yang benar datangnya dari Allah, yg salah datangnya dari diri sy pribadi. Terimakasih.
    Wassalaamu’alaikum..

  4. Assalamu’alaykum.
    Saya Eva,
    Saya guru TPA di Masjid Agung Al Muhajirin, Depok – 16432, Bogor, Jawa Barat.
    TPA kami, Alhamdulillaah sudah 1 tahun serta sudah mempunyai santri & santriwati berjumlah 10 orang.
    Saya lagi membuat buku materi pengajaran santri-santriwati kami.
    Saya ingin bertanya, “Bolehkan gambar2 & keterangan2 yang ada di blog ini, saya copy paste untuk buku kami ?”.
    Afwan, saya tidak berani memberitahu blog saya, karena saya baru belajar juga saya merasa ilmu saya masih kurang dan saya juga masih belum percaya diri untuk mempublikasikan blog saya. Insya Allah suatu saat jika saya sudah siap saya akan memberitahukannya.

    Syukran
    Eva

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah.
      Tafadhdholy ukhti,dengan tetap menjaga amanat ilmiah serta menyebutkan sumber aslinya dan bukan untuk tujuan komersial.
      Afwan

  5. tentang membasuh tangan 3x, yang benar bagaimana?
    - kanan dulu 3x, lalu kiri 3x, atau
    - kanan – kiri, kanan – kiri, kanan – kiri
    karena yang paling banyak saya lihat adalah yang kedua ini….
    jazakallah khoiran…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s