Jauhi Gosip Dalam Pergaulan

No Gosip, No Ghibah
No Gosip, No Ghibah

♥.:!:.♥♥.:!:.♥♥.:!:.♥♥!:.♥

 Jauhi Gosip Dalam Pergaulan 

♥.:!:.♥♥.:!:.♥♥.:!:.♥♥!:.♥

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah….

Gosip itu asyik pada awalnya karena membuat hubungan dengan kawan makin dekat, namun di balik itu berpotensi besar menimbulkan keretakan hubungan persaudaraan….

Gosip itu asyik karena dilakukan berjama’ah dan atas dasar suka sama suka , namun kalau orang yang digosipkan tahu pasti sakit hati dan menjauhi kita…

Gosip itu indah dan asyik karena tak ada lagi rahasia di antara kita, semua menjadi sama tak ada lagi kasta, tapi bukankah kita diperintahkan untuk menutup aib saudara kita agar aib kita pun tertutupi?

“ Barangsiapa yang menutup aib saudaranya, maka Allah akan menutup aibnya di hari kiamat.” ( HR. Muslim )

Jangan berteman dengan orang suka bergosip karena suatu ketika kejelekan kita pun akan digosipkan juga… 

Gosip itu asyik pada awalnya tapi celaka pada akhirnya, baik di dunia dan di akhirat…,

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menerangkan kepada kita tentang gosip atau ghibah dalam sabda beliau berikut ini :

” Yaitu menyebut saudaramu dengan apa- apa yang ia tidak suka disebutnya.” Ada yang bertanya, ” Bagaimana jika itu memang yang sebenarnya? Rasulullah menjawab : ” Kalau memang sebenarnya, itulah yang bernama ghibah. Tetapi jika engkau menyebut apa yang tidak sebenarnya, berarti engkau telah menuduhnya dengan kebohongan. ” ( HR. Muslim ).

Gosip ( ghibah ) adalah perbuatan yang tercela dan ini sangat dilarang oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

“………. Janganlah kamu mencari- cari kesalahan orang lain , dan janganlah ada di antara kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik. ( Lihat selengkapnya di QS. Al- Hujurat : 12 ).

Hal yang harus kita lakukan manakala teman atau saudara kita mengajak bergosip adalah mengingatkannya , atau kalau kita tak mampu lebih baik kita menghindar dari orang yang suka bergosip. So, mulai sekarang mari jaga lisan kita dari bergosip dan jangan berkumpul dengan orang yang suka bergosip agar selamat di dunia dan di akhirat…

♥.:!:.♥♥.:!:.♥♥.:!:.♥♥!:.♥

Sumber : [http://www.facebook.com/photo.php?fbid=296928103653307&set=a.296892636990187.86609.287949954551122&type=1&theater]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s