Cerdasnya Seorang Ulama

Cerdasnya Seorang UlamaAl-Imam Abut Thoib Al-Baqillani rahimahullah adalah salah seorang ulama yang terkenal dengan kecerdasannya. Sehingga beliau dipilih oleh Khalifah kaum muslimin sebagai utusan kepada Kaisar Romawi yang beragama Nashrani.

Berangkatlah Abut Thaib menuju istana Kaisar, mengetahui kedatangan Abut Thoib orang-orang Nahsrani memutar otak agar Abut Thoib mau rukuk di hadapan Kaisar mereka.

Merekapun membuat pintu khusus untuk dilewati Abut Thoib, pintu itu dibuat dalam ukuran yang pendek, sehingga setiap yang melewatinya harus menunduk agar bias masuk lewat pintu tersebut.

Apa yang terjadi ?

Setiba di istana Kaisar Romawi Abut Thoib datang menghadap Kaisar, dan Abut Thoib harus melewati pintu khusus yang dirancang untuk dilewatinya.

Apa yang ia lakukan ?
Apakah ia akan menunduk di hadapan Kaisar karena melewati pintu itu ?

Abu Thoib melihat pintu yang harus ia lewati adalah pintu yang ukurannya pendek dan mengharuskan dirinya untuk menunduk.
Dengan segera ia membalikkan badannya dan masuk melewati pintu tersebut dengan mendahulukan pantatnya.
Nasib Kaisar kurang mujur, inginnya Abut Thoib menunduk di hadapannya, eh… dapatnya malah pantat (Kasihan deh lu kaisar….).

Setelah itu, terjadilah dialog antara Abut Thoib dengan Kaisar dan orang-orang Nahsrani, salah satu isi dari dialog yang terjadi adalah kisah berikut ini.

Diadakan pertemuan antara Abu Thoib dengan Kaisar, Para Pendeta dan Pemimpin tertinggi gereja.
Abut Thoib menyapa pemimpin tertinggi gereja : Apa kabarnya ? Bagaimana kabar istri dan anaknya ?

Mendengar pertanyaan Abut Thoib semuanya yang ada di tempat itu mengingkarinya, mereka berkata : Kenapa engkau bertanya tentang istri dan anaknya, padahal engkau mengetahui bahwa pemimpin agama kami mensucikan diri dari memiliki istri dan anak.

Abu Thoib berkata : Kalian mensucikan pemimpin agama kalian dari istri dan anak, tapi kalian tidak mensucikan Allah, Tuhan kalian dari istri dan anak ?

Orang-orang Nashranipun diam seribu bahasa, tidak bisa menjawabnya sama sekali.

Sumber: FP STDI Imam Syafi’i – Jember (https://www.facebook.com/photo.php?fbid=418452178177880&set=a.268312729858493.70017.171540336202400&type=1&theater)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s