Kriteria Akhwat yang Disukai Ikhwan

berjilbabKetika seorang ikhwan ingin mencari pendamping hidupnya, ada yang memberikan kriteria yang bagitu banyak dan mendetail, sehingga saking banyaknya dia sendiri bingung mana yang harus didahului. Akhirnya dia selalu berada dalam angan – angan untuk mendapatkan impiannya, menyebabkan waktu terus berjalan dan umur semakin bertambah, sang calon tidak kunjung dapat.

Sebaliknya, ada juga akhwat kurang PD dengan dirinya, akhirnya ingin coba-coba mencari tahu, bagaimanakah sifat akhwat yang diinginkan oleh sang ikhwan? Tanya demi tanya, ketika ada ikhwan yang menawarkan dirinya untuk dijadikan pendampingnya, dia hanya bisa tersenyum malu, tanpa ada jawaban, entah dia kurang PD dengan dirinya akan kriteria akhwat yang diinginkan ikhwan atau apa?

Mau tahu, bagaimana kriteria akhwat yang diinginkan oleh seorang ikhwan? Tidak terlalu muluk muluk, agar tidak kebingungan, cuma tiga kriteria, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam :

“ خير النساء التي تسره إذا نظر وتطيعه إذا أمر ولا تخالفه في نفسها ولا مالها بما يكره “.رواه النسائي (2 / 72) والحاكم (2 / 161) وأحمد (2 / 251 و 432 و 438(

سلسلة الأحاديث الصحيحة وشيء من فقهها وفوائدها (4/ 453( رقم الحديث : 1838

“Sebaik-baik wanita adalah orang yang menyenangkan suaminya jika melihat kepadanya, mentaati suaminya jika ia perintahkan, dan tidak menyelisihi suaminya pada dirinya dan tidak juga pada hartanya dengan sesuatu yang tidak disukai oleh suami.” Hadits riwayat an-Nasa’i, al Hakim dan Ahmad. Lihat silsilah al Ahadis al shahihah 4/453 no hadits : 1838.

Wanita yang baik itu tiga kriteria:

  1. Jika suaminya memandangnya menyejukkan hati ( akhlaknya baik, dan penampilannya cantik).
  2. Manut dan taat jika suami menyuruh dan memerintahnya (tidak membangkang dan keras kepala).
  3. Tidak menyelisihi suami dengan hal yang tidak disukai suami pada dirinya (menjaga kehormatan dan penampilan) dan pada hartanya (memelihara harta dan cakap dalam membelanjakan keuangan jangan boros).

Selebihnya adalah aksesoris, jika terpenuhi bagus, jika tidak, ga apa apa, ini pun sudah cukup.

Lalu, bagaimana kriteria laki-laki yang diidam-idamkan oleh akhwat???? Tunggu tulisan berikutnya insyaAllah.

Sumber : http://suluahminang.com/?p=102

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s