Sikap Ibuku Saat Aku Ucapkan Selamat Hari Ibu

Hukum Merayakan Hari IbuUstadz Salim Yahya Qibas

Dulu saat aku masih di Sekolah Dasar, di tanggal 22 Desember pagi, kuucapkan untuk Mamaku: “Selamat Hari Ibu, Mamaku sayang!”

Apa reaksi Mamaku?

Dengan lembut aku dipeluk, lalu dia berkata:
“(1) Tidak ada Hari Ibu dalam Islam. Sekiranya dalam Islam ada Hari Ibu, maka 10 Dzulhijjah-lah Hari Ibu, bukan 22 Desember. Hari dari hasil seorang ibu, Hajar yang telah berjuang seorang diri membesarkan & mendidik anaknya Ismail yg kelak dipersembahkan oleh ayahnya Ibrahim sebagai qurban di kala الله meminta. Tetapi الله & Rasul-Nya tak mensyari’atkan hari itu sebagai Hari Ibu.

(2) Bagi Mamamu, tiada Hari Ibu. Semua hari adalah hari bagi seorang ibu, bekerja keras untuk mengemban amanah dari الله, yaitu anak-anaknya. Setiap hari Mamamu berjuang agar beban amanah yang berat ini kelak ringan di hadapan الله pada Hari Kiamat. Karena kalian tak pernah ingin menjadi anak-anakku, tetapi akulah yang meminta kepada الله untuk menjadi ibu kalian. Karena itu, di Hari Kiamat, Mamamu akan dimintai pertanggungjawaban tentang kalian anak-anakku, sebelum الله meminta pertanggungjawaban dari kalian tentang Mama kalian ini.

(3) Rahim Mamamu bukanlah rahimnya Hajjar yg melahirkan Nabi Isma’il & Sarah yang melahirkan Nabi Ishaq عليه السلام. Bukanlah pula Maryam yang dari rahimnya lahir ‘Isa عليه السلام. Tetapi Mamamu masih bisa berharap: “dari rahimku ini lahir pewaris para Nabi, kalau tak semuanya, satupun cukup”.

(4) Nabi Ibrahim عليه السلام do’anya mustajab, tapi tak bisa memohon ampun untuk ibunya. Semoga Mamamu adalah ibu yang beruntung karena tak bisa melahirkan seorang Nabi, tetapi cukup satu anak shalih, bisa mendo’akanku.”

Wahai para ibu, sudahkan anda punya harapan seperti Mamaku?

Wahai anak-anak para ibu, sudahkah engkau menjadi anak seperti harapan ibuku bagi ibumu?

Sumber : Ustadz Muhammad Elvi Syam, M.A.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s