Isyarat Penemuan Bola Lampu (Lampu Pijar) dalam Al-Qur’an

lampu-pijarLAMPU DALAM KACA
Mamduh Farhan al Buhairi

Seorang ilmuwan, Thomas Alfa Edison, penemu bola lampu, telah melakukan lebih dari seribu percobaan sebelum dia berhasil menemukan temuannya, yang tidak berhasil kecuali setelah Allah Ta’ala memberikan hidayah kepadanya untuk meletakkan kaca di sekeliling lampu guna menutupi kawat yang berpijar, dan juga untuk menambah kekuatan cahaya yang dihasilkan, hingga lampu tersebut bisa digunakan oleh manusia.

Seandainya ilmuwan tersebut mengetahui ayat-ayat mu’jizat yang ada di dalam al-Qur`an, maka pastilah dia akan tahu bahwa lampunya itu membutuhkan kaca yang menutupinya agar berhasil dan bersinar lama seperti yang diinginkan.

Itulah bukti kebenaran firman Allah Ta’ala:
“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar, pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis). Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.” (QS. An-Nur: 35)

Demikianlah, Thomas Alfa Edison, seperti juga para penemu yang lain, mereka mati dalam keadaan tidak tahu bahwa al-Qur`an yang mulia telah mendahului mereka kepada banyak penemuan sekalipun hanya dengan isyarat.

Mereka sukses dengan penemuan-penemuan mereka untuk melayani manusia yang tidak memberikan manfaat apapun bagi mereka, karena satu sebab ringan, yaitu mereka tidak mendapatkan nikmat terbesar yang dianugerahkan oleh Allah Ta’ala kepada para hamba-Nya, yaitu nikmat Islam.

Maka segala puji bagi Allah yang telah menjadikan kita sebagai kaum muslimin. [Sumber : Majalah Qiblati]

Iklan

One comment on “Isyarat Penemuan Bola Lampu (Lampu Pijar) dalam Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s