Jangan Kamu Bermimpi 3 Hal Ini

Jangan Kamu Bermimpi 3 Hal Ini…

Ada 3 point, jika kita pahami maka insyaAllah kita akan mendapatkan suatu bentuk istirahat yang membuat kita nyaman…

1. Jangan kamu bermimpi bahwa kamu bisa selamat dari omongan manusia!!

Mustahil kamu selamat dari omongan manusia, sekalipun engkau dalam keadaan dipingit. Manusia dan ghibahnya telah menjadi bumbu dan sayurnya, atau pancing dan kailnya. Jangankan kita sebagai manusia yang penuh kesalahan dan kekurangan, bahkan Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa’alaa aalihi wasallam manusia terbaik, manusia paling bertaqwa, pun beliau menjadi bahan olok-olok para penentangnya. Maka tidaklah usah dipikir, sungguh ada sebuah seni dalam kehidupan, diantaranya “seni menjadi orang cuek”….dan tentu kita sangat mengenal pepatah ini, dan kita selalu berharap kita sebagai kafilahnya bukan sebagai anjingnya, “BIARLAH ANJING MENGGONGGONG, KAFILAH TETAP BERLALU.”

2. Janganlah kamu bermimpi bahwa kamu bisa mendapatkan istirahat sesungguhnya di dunia ini!!

Dunia ini tempat beramal, berletih…Dunia pula tempat ujian dan kesabaran…Kehidupan kita akan selalu dalam susah payah, Allah berfirman,

لَقَدْ خَلَقْنَا الإِنسَانَ فِي كَبَدٍ

“Sungguh, Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.”
{QS. Al-Balad: 4.}

Cobalah kita renungkan hidup ini sejak engkau dalam sulbi Ayah…engkau keluar berupa sperma, di antara berjuta sel sperma yang dikeluarkan, mereka semua berjuang untuk bisa menembus sel telur, kemudian engkau menjadi bayi, keluar dari perut Ibumu dengan susah payah pula, kemudian engkau menyusu itu pun dengan susah payah, kemudian anda besar, dan seterusnya. Manusia tidak akan lepas dari dua keadaan yang menimpanya yaitu mendapat nikmat, dan tertimpa musibah. Bedanya jika seorang yang beriman maka dia akan bersabar jika tertimpa musibah dan akan bersyukur jika mendapat nikmat, adapun orang yang kufur maka kerugianlah baginya.

Jika kita perhatikan hal tersebut, insyaAllah kita tidak akan merasa berat dengan ujian dunia dan menghadapinya dengan bersabar, kemudian kita akan selalu bersyukur atas semua nikmat yang selalu Allah berikan.

Istirahat, ketenangan, kebahagiaan kita sejatinya baru bisa kita dapatkan dan rasakan ketika kaki kita telah melangkah di surga, dan semuanya diawali dengan kematian, dan itu hanya bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Adapun orang yang kafir maka selamanya tidak akan mendapatkan istirahat dan kebahagiaan, bahkan orang lain, pepohonan, binatang lah yang beristirahat dari orang tersebut.

Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa’alaa aalihi wasallam bersabda ketika lewat padanya jenazah,
“Hamba yang mukmin (ketika meninggal dunia) beristirahat dari kelelahan dan kepenatan dunia menuju rahmat Allah, sedangkan hamba yang fajir (ketika meninggal dunia), para hamba, negeri-negeri, pepohonan, dan binatang bisa beristirahat dari (keburukan) hamba tersebut.”

3. Janganlah kamu bermimpi kamu bisa hidup selamanya di dunia, karena tidak ada yang pernah selamat dari kematian!

Allah berfirman,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ

“Setiap yang bernafas pasti akan merasakan kematian.”
{QS. Ali Imron: 185.}

Jika kita perhatikan pelajaran kematian ini, maka kita akan berusaha untuk selalu beramal sholih sebagai bekal menghadapi kematian tersebut. Dan sesungguhnya kebahagiaan ada di Tangan Allah, maka kebahagiaan tidak akan didapat kecuali dengan ketaatan kepadaNya.

Wallaahu a’lam…

Dikutip dari kajian yang disampaikan oleh Al-Ustadz Abdullah Sholeh Hadrami hafizhohullaah dengan sedikit tambahan

Sumber :

[FB Wahai Saudariku Tutuplah Auratmu Dengan Jilbab Syar’i]

[http://www.youtube.com/watch?v=3hS2Pt0i6d0]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s